PETUNJUK TEKNIS S P M BIDANG KB DAN KS

20 thoughts on “PETUNJUK TEKNIS S P M BIDANG KB DAN KS”

  1. Assalamualaikum…..
    Pak bagaimana cara menghitung target /PPM PB dan target/PPM PA dan PUS Proy. misal : hasil pendataan thn 2012 PA non Hormonal 4041, Hormonal 9839 JML Total 13,388 jml PUS 19,388, pus unmet need 4,183 cara menghitung target /PPM PB dan PPM PA UNTUK thn 2013 dan PUS Proy Des 2013…?
    Terima kasih sebelumnya…Wassalamualaikim Wr Wb..

    Like

    1. Makasih… secara sederhana ; Langkah 1 Tetapkan dulu berapa besar penurunan fettilitas kasar (cbr) yg akan diturunkan. Langkah 2 untuk menurunkan angka cbr sejumlah tertentu perlu PA berapa hitung dlm tren 5 tahun terakhir itulah sebagi target PA La gkah 3 tetapkan jumlah PB yg diperlukan setiap tahun selama 5 tahun . Itulah sebagai target.peserta baru Kemudian proyeksi PUS dohiting dari tren 5 TAHUN ratA2 median usia kawin pertama berapa. Dari angka median tsb jd kan patokan ke posisi penduduk wanita usia tersebut.itulah estimasi perkiraan tambahan PUS sd akhir tahun. Makasih .kurang jelas kontak aja 081519240165.

      Like

    1. Sebaiknya menghitung droup out di Kabupaten atau kecamatan dan atau Desa akan lebih akurat dengan cara manual . Kecuali di tingkat provinsi atau nasional menggunakan statistik. Perhitungan secara manual kelemahannya data dasar yang tidak atau kurang akurat . Padahal perhitungannya sangat sederhana yakni: berapa jumlah Peserta KB aktif pada akhir tahun tertentu , atau pada semester tertentu. Seharusnya adalah jumlah Peserta KB aktif awal tahun ditambah peserta KB baru selama satu tahun . Jika terjadi selisih itulah Droup out . Akan teta[pi yang menjadi persoalan saat ini :(1) angka peserta aktif tidak pernah akurat karena berbagai sebab baik SDM maupun lainnya. (2) Angka peserta KB baru tidak pernah mutlak peserta KB Baru tetapi tercam[pir dengan peserta KB aktif yang ganti cara. Sudah dengan berbagai metoda sulit diatasi karena pemahaman yang pergantian petugas yang sangat cepat. untuk itu saran nkami menghitung Droup out sebaiknya manual saja lewat pendataan keluarga akan lebih valid dan bisa dipertanggung jawabkan . Setelah itu median angka manual dijadikan trend statistik Drop out minimal relevan dalam waktu 0-10 tahun . Makasih

      Like

  2. mksih atas tlisan2nya sngat membantu sya dlam membuat tgas perkulyahan sya,,tpi apakah bisa sya minta rumus sasaran BULIN,BUFAS,PUS,dan anak kompliksi.sasarannya,,bukan cakupan.

    Like

    1. Makasih kembali. Tidak ada rumus baku dalam menetapkan sasaran atau target .

      Contoh : Di suatu wilayah tertentu jumlah PUS : 100, ber KB ; 55, Hamil : 10, tdk hamil dan tidak ber KB:= 35 terdiri dari ; ( ingin anak segera 15 PUS, ingin anak ditunda 10 PUS dan tidak ingin anak 10 PUS ) jadi penetapan sasaran ber KB adalah mrk yang ingin anak ditunda ditambah tidak ingin anak lagi di tambah PUS Hamil ( 10+10+10 = 30 PUS)

      demikian juga untuk kategori lainnya. Hasil analisis data hasil pendataan keluarga yang dilakukan oleh semua daerah tiap tahun , akan menunjukkan unsur- faktor -jenis dan aspek yang terkandung dalam setiap dala BULIN,BUFAS, dst . Jika masih kesulitan Silahkan menghubungi perwakilan BKKBN Provinsi setempat atau Badan/ Dinas/Kantor SKPD KB setempat .

      Like

  3. Asskum, salam kenal tuk bapak….
    mohon bantuan dari bpk kiranya dapat emailkan contoh SK untuk kegiatan Orientasi Kader Bina Keluarga Balita dan Posyandu. karena kami dari kabupaten baru, jd kesulitan untuk mencari dan membuat Sk tersebut.

    Like

      1. ass..pak bagaimana menentukan PUS sudah mjd pesertaKB aktif, ada standar / bukunya nggk ? tks wss

        Like

    1. Pak/Bu albert pada dasarnya proposal dpt merujuk di juknis pelayanan KB . Indikator SPM 1,2 +3 . Yakni persiapan internal: rakor,pembentukan Tim +logistik alkon . External ; penyiapan calon di lapangan bisa kerjasama camat,kades,plkb+ppkbd . Kerjasama dgn klinik KB . Untuk pembiayaan dapat disesuaikan dengan kebutuhan . Jika cakupannya banyak+luas tentu perlu penyiapan lebih lama+banyak desa yg terlibat . Biaya lebih besar tentunya. Tentang proposal yg spesifik kami nggak siap tapi jika data dasar cukup nggak masalah kirim aja via email nti dibantu

      Like

  4. Pak, tolong saya dikirimi hasil kesepakatan dan rekomendasi pertemuan WI di Anyer.
    Terima kasih atas bantuannya dan sukses selalu.
    Arisman, WI BKKBN DIY.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s